Tugas SI 1(Sistem Informasi)

BAB I 
1. Konsep Dasar Sistem 
   1.1 Pengertian Sistem
     Sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen atau komponen - komponen yang merupakan definisi yang lebih luas dan lebih banyak diterima, dimana komponen-komponen tersebut tidak dapat berdiri sendiri, semuanya saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga sasaran sistem dapat tercapai. Teori sistem meliputi definisi sistem, lingkungan sistem dan komponen sistem. Dalam buku Decision Support and Expert System, Turban (1995, p38) menyatakan " A system is a collection of object such as people, resources, concept, and procedurs intented to perform an identifiable function or to serve a goal. " Atau sistem merupakan kumpulan objek berupa orang, jumlah daya, konsep dan prosedur-prosedur yang melakukan suatu fungsi untuk memperoleh suatu tujuan. Sedangkan menurut Jogianto (1990,p9), sistem pada umumnya, terbagi dua kelompok pIyajaringan dan prosedur yang saling berhubungan dan berkumpul bersama untuk melaksanakan sesuatu kegiatan untuk mencapai sasaran tertentu.
b. Pendekatan secara elemen atau komponen : kumpulan elemen￾elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
2.2 Pengertian Internet 
    Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio, link, satelit dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data. Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas internet, biasanya harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di tiap kota. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan. Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer.lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain. Memanfaatkan teknologi internet terbukti mampu meningkatkan angka pemasaran bagi para pelaku bisnis dunia. The Internet Economy Indicator, 2000 meperlihatkan bahwa Nilai ekonomi internet yang cukup besar (850 miliar dollar), jika dibandingkan dengan nilai ekonomi dari Asuransi (724 miliar dolar) dan Kendaraan (728 miliar dolar).
       2.2.1 Fasilitas Internet
           Fasilitas-Fasilitas yang dapat kita manfaatkan dengan menggunakan internet, diantaranya :
a. Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan membaca data dan informasi tesebut dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape. Menurut Hahn (1996,p24) web adalah sebuah sistem yang besar didalamnya terdapat berbagai macam informasi untuk para pemakai internet.
b. E-Mail (Electronic Mail). Email merupakan salah satu fasilitas di internet yang popular.Dengan fasilitas ini kita dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail) pada / dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat menyertakan file sebagai lampiran (attachment). Teknologi yang dipergunakan dalam e-mail berbasis Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) yatiu sebuah protokol yang mendasari layanan surat elektronik berbasiskan internet.
c. Newsgroup. Dengan fasilitas ini pula kita dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat serta mendapatkan berita dari web server. News tidak menggunakan tanda double slash  karena news tidak menunjukkan suatu host. Selain membaca, juga dapat mengirim suatu berita ke data base news (News Group)
2.3 Penjualan dan Sistem Pemesanan di Internet 
    Penjualan merupakan suatu kegiatan pendistribusian hasil produksi suatu pabrik/perusahaan kepada konsumen. Kegiatan pendistribusian tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan penjualan kepada pihak pengecer atau distributor hasil produksi.
  2.3.1 Konsep Penjualan
     Menurut Kotler (1995,p103), penjualan adalah menukar produk atau jasa menjadi uang tunai dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Penjualan merupakan salah satu fungsi penting dalam pemasaran karena merupakan sumber utama pendapatan yang diperlukan guna menutup biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dan berharap masih mendapatkan laba dalam menjalankan usahanya. Hanya dengan penjualan dapat tercipta suatu proses pertukaran barang atau jasa antara penjual denganpembeli. Konsep penjualan mengatakan bahwa kunci utama untuk mencapai tujuan organisasi adalah terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing yang ada. Adapun konsep penjualan tersebut bersandar pada empat (4) tiang utama yakni: fokus pasar, orientasi pada pelanggan, penjualan yang terkoordinasi dengan baik dan tepat, dan profitability.

2.3.2 Pengertian Sistem Pemesanan di Internet 
     Konsep pemesanan dalam internet mempunyai pengertian yang sedikit berbeda dengan konsep penjualan pada umumnya dimana unsur place dan promotion menjadi fokus utama dalam pemesanan melalui internet. Menurut Ellsworth (1995,p27) penjualan/pemesanan di internet dapat dicapai dengan visibilitas keuntungan dan terbagi menjadi :
1. Produk (product) 
Adalah sesuatu yang dipasarkan berupa barang atau goods atau service pada web. Situs web merupakan pusat virtual resmi untuk memesan dan menjual berbagai produk dan jasa. Situs web tersebut harus bersifat interaktif dan aktif. Dengan demikian orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi dan menggunakan jasa yang ada pada situs web tersebut.
2. Harga (price)
Harga produk internet serupa dengan konsep harga pada penjualan konversional akan tetapi pada internet (web khususnya) terdapat beberapa penghematan biaya penjualan karena menggunakan pemesanan online sehingga produk disesuaikan dengan harga-harga bersaing.
3. Tempat (place)
Metode yang ciptakan untuk menjadikan web sebagai media distribusi informasi produk dan dapat juga menjadi sasaran penjualan.
4. Promosi (promotion) 
Promosi pada  dapat berupa periklanan, penjualan poduk, penjualan dan hubungan masyarakat.

Sumber : REZA S, PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA 
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI 
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH 
JAKARTA 
2008 M / 1429 H

Komentar

Postingan Populer