Tugas 1 (Metodologi Penelitian)

A. PENDAHULUAN

Samarinda adalah kota yang memiliki luas sebesar 718 km2 dan berpenduduk lebih dari 900.000 jiwa (Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Desember 2012) dan merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur. Pada beberapa tahun terakhir, Samarinda menjadi salah satu kota tujuan bagi parawisatawan dan pebisnis. Para pebisnis umumnya berencana membuat bisnis baru di Kota Samarinda. Batu bara dan kayu menjadi komoditas utama dari bisnis di kota ini. Selain untuk kepentingan bisnis, para pengunjung banyak pula yang berwisata di Samarinda.Potensi wisata Samarinda sebenarnya sangat baik, namun potensi ini kurang digarap secara maksimal oleh pemerintah kota maupun swasta. Sehingga masyarakat kurang tertarik untuk berwisata di Samarinda. Selain itu, permasalahan yang paling mendasar dari pariwisata Samarinda sebenarnya adalah publikasi, umumnya masyarakat tidak tahu apa tujuan wisata di Samarinda. Ironisnya, warga Samarinda pun jika ditanya apa tujuan wisata di sana, umumnya mereka akan kebingungan. Bukan karena banyaknya tempat wisata sehingga akan membuat mereka bingung apa yang harus disebutkan terlebih dahulu, namun karena mereka merasa tidak adanya tempat wisata di Samarinda.Permasalahan di atas dapat diselesaikan dengan Sistem Informasi Pariwisata, masyarakat (dalam hal ini wisatawan) dapat mengetahui apa sajakah tempat wisata di Samarinda, mengetahui di mana letak dari tempat wisata tersebut, apa yang dapat dilakukan di tempat tersebut, hingga harga tiket masuk dari tempat wisata tersebut. Selain itu, wisatawan juga dapat mengetahuiinformasi mengenai hotel tempat mereka menginap beserta harga dan fasilitas. Selain hotel dan tempat wisata, makanan juga menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih tempat wisata, untuk itu maka diperlukan juga data mengenai tempat makan di Samarinda.

B. METODOLOGI PENELITIAN
Dalam metodologi penilitian terdapat 3 tahap yang dilakukan antara lain : Metode penelitian, Sasaran Penelitian, dan Metode Pengumpulan Data.
• Metode Penelitian
Tahap pertama penulisan artikel ini memiliki 6 tahapan dalam
penulisannya :
1. Persiapan
Pada tahap ini akan dilakukan pencarian data yang berkaitan dengan sistem yang akan dibuat, antara lain dengan mencari literatur yang dapat berupa buku, jurnal dan berbagai informasi lainnya yang dapat menunjang pembuatan sistem ini.

2. Analisis
Pada tahap ini akan dilakukan analisis kebutuhan informasi pada wisatawan. Analisis dilakukan dengan memperlajari kebutuhan dari user dan memperlajari sistem informasi yang telah ada. Kemudian merumuskan kebutuhan sistem baru.
3. Desain
Pada tahap ini akan dilakukan perancangan sistem informasi untuk menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan dari tahap analisis.
Desain yang dilakukan meliputi desain basis data (Entity Relationship Diagram dan mapping), desain proses (Flow Chart) dan desain antarmuka (User Interface Design).
4. Implementasi
Pada tahap ini akan dilakukan implementasi dari tahap analisis dan desain sistem ke dalam bentuk program.
5. Uji Coba dan Evaluasi
Pada tahap ini akan dilakukan uji coba pada sistem yang telah dibuat. Uji coba yang dilakukan berupa verifikasi dan validasi. Verifikasi dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat sudah benar dan bebas dari kesalahan. Sedangkan validasi dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat sudah sesuai kebutuhan pengguna atau tidak.
6. Penyusunan Laporan
Pada tahap ini akan dilakukan portofolio dan laporan tugas akhir berdasarkan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembuatan sistem ini dari tahap analisis hingga tahap evaluasi• Sasaran Peneitian Untuk membuat aplikasi ini dibutuhkan objek penelitian yaitu masyarakat Kalimantan Timur dan wisatawan yang akan mengunjungi Kalimantan Timur
• Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan melalu metode kuisoner dan survey lokasi. Untuk sebar kuisoner digunakan untuk mengupulkan seberapa butuhkah wisatawan akan informasi mengenai pariwisata di kota-kota di Indonesia khususnya Samarinda. Metode survey lokasi digunakan untuk mencari tahu lokasi dari objek wisata, hotel, rumah makan dan transportasi yang ada di Samarinda.
Sumber : PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PARIWISATA KOTA SAMARINDA BERBASIS WEB
 Andriyanto Gozali 6107003
Mahasiswa Program Kekhususan Sistem Informasi Jurusan Teknik Informatika
Fakultas Teknik, Email : andriyanto_gozali@yahoo.com

Komentar

Postingan Populer